Artikel

Gerakan Guru Cerdas Berbagi (GGCB)

Sebanyak 30 guru yang tergabung dalam gerakan bangga jadi guru di Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli membentuk Gerakan Guru Cerdas Berbagi (GGCB).

GGCB dibentuk guru yang tergabung dalam Sekolah Guru Indonesi (SGI) Dompet Duafa Dampal Selatan, yakni para relawan pendidikan di Dampal Selatan.

Menurut salah seorang trainer SGI Dampal Selatan, Izatul Silmi, kegiatan gerakan bangga jadi guru itu terdapat 15 titik di Indonesia saat ini di bawah naungan SGI Dompet Dhuafa. Sementara, di Tolitoli terdapat 3 titik, yakni di Kecamatan Dampal Selatan, Galang dan Kecamatan Dondo.

Hal itu dilakukan guru-guru SGI Dampal Selatan, kata Izatul Silmi, karena merkea memahami, sebagai seorang guru tidak hanya memiliki kewajiban berbagi ilmu semata. Namun, juga bisa berbagi melalui tenaga dan kegiatan lainnya. Berdasarkan prinsip itu, guru-guru SGI Dampal Selatan melaksanakan bakti sosial berbagi sembako dan mengumpulkan pakaian layak pakai dieserahkan kepada warga Desa Puse, suku pedalaman, Suku Laoje yang susah dijangkau masyarakat, Rabu (16/5/2018).

“Selain itu, bentuk kegiatan ini juga diiringi kegiatan bersih-bersih masjid di Desa Lempe Dusun Kambuno Pete dilanjutkan kegiatan bersih-bersih masjid Al Ikhlas Soni, Dampal selatan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk berbagi para guru untuk menyambut bulan suci ramadhan agar ibadah masyarakat menjadi lebih khidmat,” jelas Izatul Silmi selaku penggiat pendidikan dan relawan yang dikirim dari Dompet Duafa.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan berbagi kegiatan bakti sosial itu merupakan bentuk teladan guru SGI sebagai pelopor kebersihan sekolah serta aktif memberdayakan masyarakat melalui aksi nyata guru, guna mewujudkan budaya bersih kepada masyarakat luas.

“Karena guru adalah teladan masyarakat,” katanya.
Perlu diketahui, Sekolah Guru Indonesia (SGI) adalah salah satu jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa yang berkomitmen melahirkan Guru Transformatif memiliki kompetensi mengajar, mendidik dan berjiwa kepemimpinan sosial. SGI didedikasikan bagi para pemuda Indonesia yang siap mengabdikan diri menjadi guru serta siap berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di seluruh penjuru Nusantara.

Penulis:

Izzatul Silmi

Trainer Sekolah Guru Indoensia Angkatan 21

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel