Artikel

SGI Persembahkan Kolaborasi 1000 Guru Pemimpin di Hari Jadinya yang ke-11

Bogor – Pandemi Covid-19 membuat banyak aspek kehidupan ‘dipaksa’ berubah, tak terkecuali pendidikan. Sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan, setiap guru dituntut cepat beradaptasi agar mampu memberikan alternatif pendidikan terbaik bagi peserta didiknya di tengah situasi pandemi. Namun, hingga saat ini guru pun masih mencari pola pembelajaran terbaik bagi anak didiknya baik yang dapat dilakukan secara daring maupun luring.

Krisis akibat pandemi tidak boleh dilewatkan begitu saja, ini adalah momentum menciptakan perubahan bagi pendidikan. Kualitas guru merupakan kunci perbaikan kualitas pembelajaran dan pendidikan nasional. Sejalan dengan tema peringatan Hari Guru Sedunia 2020 yang ditetapkan UNESCO, Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan”. SGI sebagai organisasi pengkaderan kepemimpinan guru sejak tahun 2009 berkomitmen melakukan berbagai program pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru di Indonesia.

Pada ulang tahunnya yang ke-11, Sekolah Guru Indonesia (SGI) di bawah naungan Dompet Dhuafa Pendidikan menggelar Aksi Kolaborasi Guru Pemimpin. Gerakan ini adalah aksi bersama 1000 guru dari seluruh penjuru nusantara. Aksi ini turut melibatkan lebih daei 20.000 siswa SD di berbagai wilayah Indonesia.

Nantinya, 1000  guru yang berkolaborasi akan mengimplementasikan siklus pembelajaran Startup Project Leadership (SPL) yang merupakan hasil kolaborasi kepemimpinan guru bersama siswa dalam memecahkan permasalahan teraktual melalui rintisan usaha yang inovatif dan produktif. “Siklus ini terdiri dari tiga tahapan yaitu inkubasi, Startup, dan mobilisasi. Melalui SPL diharapkan para siswa memiliki jiwa leadership dan kecakapan Abad 21 untuk siap menghadapi tantangan global di masa depan,” ungkap Agung Pardini, GM Sekolah Kepemimpinan Bangsa Dompet Dhuafa Pendidikan.

Kegiatan Kolaborasi Guru Pemimpin dilaksanakan pada 19 Oktober – 27 November 2020. Launching Gerakan akan dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun SGI yang ke-11 pada 24 Oktober 2020 secara daring via ZOOM. Kegiatan ini menghadirkan Asep Ihsanudin ,Ketua Sekolah Guru Indonesia; M. Syafi’I Albantani , Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan; Juperta Panji Utama, GM Divisi Dakwah dan Pendidikan. Sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan di wilayah Indonesia bagian tengah, Kolaborasi Guru Pemimpin juga menghadirkan tokoh-tokoh pendidikan dari Indonesia Bagian Tengah, Hermanto, S.Pd, MM selaku Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa Barat; Jusria Kadir, Kepala Sekolah Aktivis SGI; Syarifuddin perwakilan Dosen dan Aktivis SGI, dan Najmi Ridha Syabani, Pengelola SGI Pusat.

“Ke depannya akan ada tindak lanjut dari Kolaborasi Guru Pemimpin berupa pemberdayaan 1000 Guru SD melalui Komunitas Guru Pemimpin pada 25 Oktober–21 November 2020 berbarengan dengan pelaksanaan Startup Project Leadership yang diinsiiasi oleh 20.000 siswa SD/MI pada 31 Oktober-21November 2020, dan acara puncak Indonesian Teacher Leadership Festival sekaligus peringatan Hari Guru pada 25-27 November, ” jelas Agung.

Kolaborasi Guru Pemimpin diharapkan mampu menjadi pemicu bagi para Guru untuk bergerak dan berkolaborasi bersama menciptakan inovasi dan berkreasi menciptakan pendidikan berkualitas di Era Pandemi.

#kolaborasi #gurupemimpin #startupprojectleadership #milad11thSGI #PJJ

What's your reaction?

Excited
1
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

1 Comment

  1. semangat …berkolaborasi…guru guru indonesia

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel