ArtikelArtikel

Seri Kegiatan Temani Buah Hati Menjaga Mimpi

Perubahan pembiasaan belajar drastis terjadi pada anak-anak selama masa pandemik ini. Aktivitas yang biasanya dilakukan bersama guru dan teman di sekolah tidak bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Anak hampir 24 jam bersama orang tua untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari. Perlu adaptasi bagi anak untuk menganggap bahwa di rumah mereka tetap harus belajar bukan berlibur. Begitu juga pada orang tua, peran guru mau tidak mau jadi pindah kepada orang tua saat masa pandemik ini terjadi.
Untuk menjadi pendidik pastinya butuh ilmu dan ketrampilan yang perlu dipelajari orang tua. Karena orang tualah yang nantinya berperan penting mempersiapkan anak-anaknya siap untuk menghadapi kehidupan di masa pasca pandemik. Sudahkah kita siap? Untuk mendampingi orang tua belajar Gerakan Ayo Bercita-bercita yang dikelola oleh Guru Juita memberikan seri kegiatan untuk menemani buah hati agar tetap menjaga mimpinya. Berikut 20 Seri kegiatannya:
Memahamkan buah hati. Buah hati perlu paham mengapa mereka belajar di rumah bukannya berlibur di rumah. Menyemai kebaikan bersama. Gunakan kesempatan belajar di rumah untuk beribadah bersama dan menyelesaikan tugas bersama-sama. Menjaga kebersihan. Mengajarkan mencuci tangan dengan benar, merapikan barang pribadi, dan menjaga kebersihan diri. Menyambut Ramadhan dengan Ceria. Menghiasi rumah agar suasana Ramadhan menjadi ceria. Fun cooking. Mampu melatih kreativitas anak, tanggung jawab, dan memberikan memori indah bagi anak. Olahraga bersama. Bermanfaat untuk menjaga kebugaran, kedisiplinan, dan keseimbangan tubuh. Menanam sayuran. Mengajarkan kesabaran, ketekunan, prosedur, dan menghargai proses. Peliharaanku. Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, berempati, dan kecerdasan emosional.
Fun game. Berikan game yang melatih kecerdasan kognitif, psikomotorik, dan emosional anak. Menjadi jurnalis cilik. Mendidik anak untuk berpikir kreatif, objektif, percaya diri, dan sitesis. Kreasiku. Membuat kerajinan tangan untuk melatih kesabaran dan ketelitian.
Belajar bersama Ayah. Ayah yang bekerja di rumah bisa memanfaatkan waktu untuk lebih banyak beribadah dan belajar bersama anak. Belajar life skills. Pembiasaan ini melatih anak bertanggung jawab terhadap hal kecil sehingga kelak ia akan bertanggung jawab pada hal yang lebih besar juga. Belajar budaya rapih. Melatih anak untuk bertanggung jawab, terorganisir, dan teratur. Fun Literacy Activities. Hal ini bermanfaat untuk membuat anak lebih termotivasi untuk membaca dan meningkatkan perkembangan otaknya.
Bermain Peran Profesi. Mengenal berbagai macam profesi dengan bermain peran.
Tiga pilar ajaib. 3 modal sikap orang sukses yaitu kejujuran, kedisiplinan, dan kepedulian.
Menginspirasi. Berikan cerita inspirasi dari profesi-profesi yang diminati anak.
Menggambar cita-cita. Visualisasi memudahkan anak untuk berimaginasi dan mencapai tujuan.
Bercerita cita-cita. Menceritakan apa yang ingin dicapai agar terus diingat, termotivasi, dan didoakan oleh orang-orang disekitarnya. Pesan Guru Juita untuk orang tua yang sedang mendampingi anak-anaknya untuk menggapai cita “Dampingi anak-anak kita untuk menemukan cita, persiapkan diri mereka untuk kembali siap menghadapi masa pembelajaran baru pasca covid-19, karena mendampingi mereka dengan baik dari sejak dini akan berdampak pada kesuksesan mereka di masa yang akan datang” (NRS/2020)
Unduh materi Ramadhan Guru Nusantara di:
https://bit.ly/MateriRGN
Lihat lebih lengkap di:
https://www.facebook.com/sekolahguruindonesia/videos/943615972736210/?flite=scwspnss&extid=AqwPewNG1GjzvzfM

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel