Berita

Studium Generale “10 Kepemimpinan Guru Indonesia” SGI Master Teacher Angkatan 42

Acara Studium Generale SGI Master Teacher Angkatan 42 dilaksanakan pada hari Kamis, 8 April 2021. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh 104 guru dari tiga Kabupaten; Kabupaten Serang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas Utara. Kegiatan SG berlangsung selama 2 jam melalui zoom meeting diawali dengan pembukaan oleh MC, dilajutkan dengan Tilawah Al-Quran, sambutan dari; Asep Ihsanudin, Ketua Sekolah Guru Indonesia, Ustadz Muhammad Syafi’ie, Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan, serta sambutan dari GM Pendidikan dan Kebudayaan Dompet Dhuafa, Ustadz Herman Budiyanto. Acara dilanjutkan dengan materi 10 Kepemimpinan Guru Indonesia yang dibawakan oleh Guru Najmi Ridha Sya’bani, sesi tanya jawab, diakhiri dengan penutup dan foto Bersama.

Pada kesempatan tersebut ketua SGI, Asep Ihsanudin menyampaikan tentang kegiatan tersebut terjadi atas kerjasama antara trainer, dan apresiasi bagi para pengelola SMT daerah. Program ini diutamakan bagi guru yang memiliki komitmen tinggi, karena dana yang digunakan dari dana ummat. Selajuntnya sambutan Direktur DDP, Ustadz Muhammad Syafii’I menyampaikan tentang Peran pendidik/ulama dalam kebangkitan sebuah bangsa diawali dengan berubahnya kualitas manusia melalui pendidikan. Penyampaian sejarah diharapkan mampu memberi pelajaran kepada kita semua bagaimana generasi dahulu mentarbiah/mendidik ummat sehingga kita mengambil pelajaran maka dengan adanya SGI ini bisa menghadirkan guru-guru pemimpin yang memiliki andil dalam perbaikan pendidikan. Pada kesempatan tersebut, GM Pendidikan dan Kebudayaan DD, Ustadz Herman Budiyanto menyampaikan bahwa program SGI menjadi program startegis, dimana guru- guru sebagai ujung tombak dalam pembentukan karakter dan kompentensi siswa, dari guru akan terlahir muird- murid yang sesuai dengan zamanya, yang mempunyai soft dan hard skill.

Foto Sambutan GM Pendidikan dan Kebudayaan Dompet Dhuafa, Ustadz Herman Budiyanto

Materi 10 Kepemimpinan Guru dibawakan oleh Guru Najmi Ridha Sya’bani, sesi  diawali dengan mengajak guru-guru bersyukur sehingga berada dalam aura positif, disesi pertama dibahas tentang 5 nilai kepemimpinan; Teladan Meneggakan Ibadah, disiplin mengelola waktu, gemar membaca buku, pelopor kebersihan sekolah, dan aktif memberdaya masyarakat. Ditengah sesi materi diberkan Ice Breaking dibawakan oleh Guru Ade Munawar Luthfi terkait game Quizziz, 4 orang guru mendapat reward dari game tersebut. Disesi ke 2 materi dilanjutkan dengan 5 kepemimpinan guru dari sisi sayap pengajar; Sahabat terbaik siswa, Tertib menyiapkan administrasi, kreatif membuat media, professional dalam mengahar, dan gigih dalam meneliti. Diakhir sesi guru diperlihatkan contoh buku amalan 10 kepemimpinan guru.

Foto Penyampaian Materi dari Guru Najmi Ridha Sya’bani

Ervan Jaya/Red

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Berita