Artikel

SGI Inisiasi Bank Sampah di Seruyan

Menyulap sampah menjadi uang, bagaimana bisa? Bisa, Bank sampahlah tempatnya. Sekolah Guru Indonesia wilayah Seruyan menginisiasi terbentuknya Bank Sampah yang berada di Kecamatan Hanau tepatnya di SDN 4 Pembuang Hulu 2. Bank Sampah adalah konsep pengumpulan sampah organik kering yang ditukarkan degan uang dengan sistem layaknya perbankan, namun yang ditabung ialah sampah. Setelah banyak dan siap untuk ditimbang maka sampah siap dijual, lalu ditukarkan dengan uang. Uang tersebut menjadi tabungan para siswa yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan sekolah.

Kegiatan ini merupakan bentuk dari kepedulian akan pentingnya menjaga lingkungan sekolah sekaligus pengelolaan sampah sehingga bernilai manfaat. Hal ini disebabkan sebagai sebuah lembaga pendidikan formal, sekolah sudah semestinya membentuk insan-insan yang bersikap dan berperilaku peduli terhadap kondisi lingkungan. Selain itu, sistem pengelolaan Bank Sampah tidak hanya melibatkan warga sekolah saja, namun juga warga masyarakat. Sehingga masyarakat dapat mengambil manfaat, baik dalam bentuk kesadaran nyata maupun keuntungan berupa uang.

Adapaun manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini antara lain pertama, tumbuhnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Kedua, hadirnya bank sampah di sekolah juga dapat merubah perilaku siswa dalam membuang sampah. Aktivitas membuang sampah sembarangan diprediksi akan berkurang karena mengetahui dan menyadari pentingnya memilah sampah. Ketiga, keuntungan ekonomis akan didapatkan dengan adanya sistem bank sampah yaitu berupa uang. Keempat, terjalinnya hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat setempat dengan sekolah karena seringnya saling berinteraksi.

Sudah saatnya menjadikan sampah sebagai kawan, bukan lagi  lawan yang dihindari. Sampah yang awalnya tak dipedulikan, disia-siakan dan diabaikan, maka di Bank Sampah ia akan menjadi bernilai.

Upi Rahmawati, Trainer SGI Angkatan 21 penempatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

 

 

 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel