Artikel

Road Show Guru Pemimpin Hadir di Kabupaten Lombok Barat

Program SGI Master Teacher (SMT) 41 Kabupaten Lombok Barat hadirkan lima Road Show Guru Pemimpin (RGP) untuk para guru selama bulan September 2020. RGP sebagai salah satu project sosial peserta program SMT tetap di gelar di masa pandemi baik secara daring maupun luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan memantapkan kemampuan public speaking peserta pasca lulus dari Kelas Guru Trainer dan memberikan kebermanfaatan bagi guru-guru di Kabupaten Lombok Barat.

RGP secara luring masih dapat dilaksanakan dengan persetujuan pemerintah setempat dan menerapkan protokol kesehatan. RGP secara luring dengan topik pelatihan Display kelas Model dan Media Pembelajaran telah dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 5-6 September 2020 di Yayasan Darudda’wah, Kecamatan Sekotong. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pokjakwas yaitu Bapak H. Suherman,M.Pd,. Serta turut serta pendiri Yayasan Mudirul Aam TGH. Sahwan, S.Pd.I. Suherman sangat mengapresiasi semua rekan guru yang mau belajar menjadi seorang pemimpin dan menjadi suri tauladan bagi peserta didik dan keluarganya. Semoga melalui kegiatan ini guru dapat mengembangkan kreativitasnya agar setiap kelas menjadi dambaan para siswa.

Peserta Pelatihan RGP Kabupaten Lombok Barat

Pelatihan Sesi Satu, Topik Display Kelas Model dibawakan oleh Guru Sri Dewi Parwani, S.Pd. Pada Sesi Berikutnya, Pelatihan Media Pembelajaran dibawakan oleh guru Purnama Tati, S.Pd. Peserta terlihat sangat antusias sepanjang pelatihan sebab materi yang dibawakkan adalah hal baru bagi para guru di wilayah ini. Setelah selesai menyampaikan materi, peserta diajak untuk bermain games finding code dan permainan lainnya, semakin menarik lagi ketika peserta diajak untuk langsung praktik membuat display kelas kemudian di demonstrasikan secara bergantian.

Menurut Guru Sadli, S.Pd, PIC Pelatihan Display Kelas Model, kegiatan ini dapat menjadi wadah peningkatan kreatifitas guru dalam mengolah dan mendesain kelas sehingga menjadi lebih menarik, berwarna, dan mampu menciptakan daya imaginasi disetiap jiwa peserta didik yang mendukung proses mengajar-belajar berlangsung. Selain sebagai hiasan dinding yang bersifat kreatif, media pembelajaran juga berfungsi sebagai penarik dan untuk mengarahkan perhatian siswa agara dapat lebih berkonsentrasi kepada materi yang sedang di pelajari dan menjadikan sistem pembelajaran lebih bermakna, imbuhnya. Sementara PIC Pelatihan  Media Pembelajaran, Guru Supardan, S.Pd berharap agar peserta dapat mengaplikasikan hasil pelatihan di sekolah masing-masing dan mengajak semua guru untuk terus meningkatkan mutu serta bergerak dalam kebaikan dan perbaikan.

RGP secara daring juga telah dilaksanakan pada Rabu (9/9) dengan topik Desain dan Strategi Pembelajaran yang dibawakan oleh Guru Siti Asiah, S.Pd. Selanjutnya RGP dengan topik Penilaian Autentik bersama Guru Rusnan, S.Pd dan RGP Neurosains dan Modalitas Belajar bersama Guru Jamilah, S.Pd, Guru Hilmiani, S.Pd, dan Guru Raudatul Mulyana, S.Pd menyusul akan dilaksanakan pada Minggu (13/9).

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel