Artikel

Memanfaatkan Canva untuk Pendidikan dalam Membuat Materi Pembelajaran Saat Belajar Online

Kini dunia pendidikan sedang dalam masa yang serba baru, jika tidak mau dibilang sulit. Bagaimana tidak, secara tiba-tiba seluruh proses belajar mengajar harus dilakukan dari rumah, dari jarak jauh, karena belajar di ruang kelas tidak memungkinkan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang berbahaya.

Hal ini tentu menimbulkan beberapa tantangan baru. Mulai dari ketersediaan alat, konektivitas internet, sampai yang terpenting, mempersiapkan materi belajar yang mudah dimengerti oleh murid.

Bayangkan saja, ketika belajar di dalam kelas, paling tidak hanya sekitar 50% peserta didik yang langsung bisa memahami pelajaran yang disampaikan. Hal itu sendiri tergantung pada latar belakang murid, kualitas guru, dan juga suasana kualitas belajar.

Apalagi jika dilakukan dari jarak jauh. Anak-anak bisa dengan mudah tidak fokus di depan gadgetnya; baik itu handphone, tablet, komputer, maupun laptop. Mereka bisa melakukan apa saja, tanpa mendengarkan penjelasan guru melalui video streaming. Efektivitas belajar belajar menjadi lebih rendah lagi.

Untuk mengatasi itu semua, kita bisa melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan membuat media belajar yang lebih menarik. Media belajar pun kini tidak harus dibuat dengan cara yang sulit dan mahal. Ada beberapa situs yang memberikan fitur desain gratis untuk pendidikan. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat media belajar online.

Ini dia beragam keuntungan yang bisa digunakan.

Banyak Template

Ada banyak template yang tersedia dan bisa dimanfaatkan sebagai media belajar. Mulai dari template presentasi, membuat poster, membuat lembar kerja, mendesain kartu belajar, kartu rangkuman, dan beragam hal lain yang bisa digunakan untuk pembelajaran.

Dengan adanya template, guru tidak perlu lagi untuk medesain segalanya dari nol. Sehingga akan semakin mudah membuat desain untuk media belajar.

Ilustrasi dan Ikon Komplit

Untuk mendukung beragam desain media belajar, ilustrasi dan ikon juga disediakan dengan sangat lengkap. Jadi, tidak perlu menuliskan kata-kata yang terlalu panjang dalam presentasi, atau membuat desain poster menjadi penuh dengan kalimat-kalimat panjang. Cukup gunakan ilustrasi dan ikon yang tersedia, sehingga tampilan media belajar menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti banyak murid.

Akses ke Google Drive, Dropbox, Folders

Selain itu, Canva untuk Pendidikan juga memiliki akses langsung ke Google Drive, Dropbox, dan Folders. Hal ini bisa sangat memudahkan bagi para pengajar untuk memberikan akses untuk para murid ke beragam media belajar.

Integrasi ini penting karena memang akses yang mudah sangat penting untuk para murid untuk melihat kembali materi yang dipelajari.

Terintegrasi dengan Google Classroom

Tidak hanya itu, untuk sekolah yang melakukan kelas belajar onlinenya dengan menggunakan Google Classroom, Canva untuk Pendidikan juga sudah terintegrasi dengan aplikasi ini. Hal ini bisa memudahkan dalam proses belajar dan mengajar.

Beragam presentasi, memperlihatkan desain, mengakses desain, mengakses media belajar lainnya bisa dengan mudah untuk dilakukan di dalam Google Classroom.

Gratis

Hal yang paling penting di tengah kesulitan ekonomi saat ini, semuanya bisa digunakan dengan gratis. Dengan begitu, setiap institusi pendidikan tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk membuat media pembelajaran yang efektif untuk belajar online.

Dengan akses gratis, diharapkan institusi pendidikan bisa menggunakannya dengan maksimal. Selain itu, akan ada semakin banyak juga institusi pendidikan di mana pun di dunia yang bisa menggunakannya. Akan ada semakin banyak juga anak-anak yang mendapatkan materi pendidikan dengan lebih baik sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan di era belajar jarak jauh.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel