Artikel

Dongkrak Minat Baca Anak Melalui Kegiatan Literasi

Sekolah Guru Indonesia (SGI) dan SDN 01 Siompin, membuat gerakan 15 menit membaca saat jam istirahat guna mendongkrak minat baca siswa di sekolah tersebut.

“Gerakan literasi ini sudah dimulai sejak satu minggu yang lalu, bermula dari gerakan 15 menit membaca sebelum memulai pelajaran untuk siswa kelas 5 dan 6. Pada setiap jam1 pertama, guru membawa buku bacaan untuk anak-anak, kemudian membaca selama 15 menit dan menuliskan kembali hasil bacaan mereka,” ujar Ayu Sukmayani, salah satu guru di SGI.

Selain itu, kata dia, para murid juga diajak untuk mulai menuangkan isi pikiran mereka melalui sebuah tulisan. “Mereka diajak untuk mengenali diri mereka, memperkenalkan keluarga mereka serta harapan mereka untuk masa depan,” tambahnya.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya nalar dan imajinasi anak, serta keterampilan anak dalam mengungkapkan pikiran mereka mulai dari hal yang paling sederhana yakni diri mereka sendiri.

“Alhamdulillah gerakan ini akhirnya menular ke siswa-siswi lainnya baik dari kelas 1, 2, 3, dan 4. Sehingga kegiatan literasi yang awalnya hanya dilakukan di kelas kini di lakukan hingga halaman sekolah dan di depan ruang guru,” ucapnya.

Harapannya kegiatan literasi di Sekolah mampu meningkatkan minat baca anak didik kedepannya.

Penulis:

Ayu Sukmayuni, Trainer SGI Angkatan 21 Penempatan Aceh Singkil

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Artikel