Zahra #DiRumahAja

171

Zahra Rapiatul Adawiyah salah satu siswa yang cukup pintar di SDN 04 Batu Balang Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat. Sudah lebih dari dua bulan Zahra belajar di rumah sejak ditetapkannya School from Home karena pandemi Covid 19. Tempat tinggal Zahra memang termasuk zona merah penyebran Covid 19. Pertambahan pasien positif covid menambah perpanjang masa belajar siswa dirumah. Zahra hanya tinggal dengan mama nya karena diusia balita ditinggal cerai ayahnya. Sementara mama Zahra harus menghidupi dua orang anaknya sebagai single parent. Kesempatan dirumah saja digunakan oleh Zahra untuk membantu mama nya berternak bebek.

Pagi hari setelah bangun tidur dan melaksanakan shalat subuh Zahra langsung menuju kandang bebeknya untuk memeriksa telur-telur yang ada dikandang. Sementara itu mama Zahra mengaduk makanan bebek yang terdiri dari campuran sayur dan dedak yang diberi air. Kemudian Zahra membantu memasukkan makanan dan juga minuman bebek ke dalam wadah. Setelah makanan siap saji, mereka mengeluarkan bebek dari kandang dan memberikan makan para bebek dengan riang gembira. Terkadang Zahra bersama mamanya menggiring bebek – bebek mereka keluar kandang atau ke sawah yang siap dipanen. Zahra dan mamanya juga rutin mengumpulkan sayuran liar untuk makanan bebek yang tumbuh di di pematang sawah dan kebun warga.

Setelah mengurus bebek di pagi hari, Zahra melanjutkan kegiatannya dengan belajar dan mengaji di rumah. Sore harinya Zahra kembali memberi makan dan minum para bebek dan memasukkan bebek ke dalam kandang. Begitulah aktivitas Zahra selama belajar di rumah.

Zahra merupakan salah satu penerima manfaat program Beasiswa Cikal Muamalat bersama SGI yang merupakan program pendayagunaan dana Zakat untuk siswa SD, SMP, SMA sederajat dari asnaf fakir, miskin dan mualaf. Zahra merupakan siswa dari keluarga sederhana yang berkarakter dan berprestasi. Zahra senang membantu orang tua, selalu bersikap sederhana, memiliki tatakrama dan baik dan berprestasi. Salah satu prestasi Zahra yang membanggakan adalah mendapatkan rangking ke 12 dari ribuan peserta pada ajang Olimpade Sains tingkat Propinsi Sumatera Barat. Maa Syaa Allah.

Zahra dan mamanya sangat berterima kasih kepada para donatur dan pengelola program beasiswa yaitu SGI, Baitumal Muamalat dan Dompet Dhuafa. Beasiswa tersebut sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sekolah Zahra. Seragam sekolah Zahra yang dulunya kucel sekarang sudah kinclong diganti dengan yang baru, bahkan Zahra bisa membeli tas baru ,baju batik dan baju pramukanya. Mari kita tiru kebaikan, semangat dan prestasi Zahra.

Penulis: Dewi Kurnia Putri, Fasilitator Beasiswa Cikal Muamalat Bersama SGI di SDN 04 Batu Balang, Sumatera Barat

BAGIKAN

LEAVE A REPLY