Temu Guru Nasional 2013

630

Pemerataan metode pembelajaran modern tidak hanya untuk sekolah di daerah perkotaan saja. Pasalnya, pendidikan adalah milik segenap warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Mereka adalah anak bangsa yang patut kita berikan haknya sama dengan warga yang lainnya. Pertanyaannya, mungkinkah metode pembelajaran modern diberikan untuk sekolah daerah terpencil?

Jawabannya singkat: amat mungkin. Mengajar di daerah terpencil merupakan perjalanan panjang yang keberhasilannya tidak bisa dihitung 1 atau 2 tahun. Butuh waktu yang lama untuk melihat keberhasilannya. Sekolah Guru Indonesia menjawab pertanyaan ini dengan menyebar guru-guru ke seluruh pelosok negeri. Mengajar dengan metode yang jarang dipakai oleh sekolah-sekolah pada umumnya di daerah terpencil dengan mengoptimalkan program pemberdayaan masyarakat sekitar melalui berbagai pelatihan-pelatihan.

Idealisme, semangat, dan pengorbanan merupakan modal utama yang dimiliki oleh guru model di daerah tertinggal, terpencil, dan terluar. Apakah ini mudah? Tentunya tidak. Banyak tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru-guru ini, mulai dari menghadapi masalah siswa, guru rekan kerja, kepala sekolah, masyarakat sekitar, hingga kebijakan-kebijakan daerah.

Guru adalah investasi masa depan suatu bangsa. Mereka adalah arsitek perancang masa depan. Dari tangan mereka akan lahir calon pemimpin masa depan. Lantas, guru seperti apa yang mampu berkontribusi untuk membuat bangsa Indonesia bangkit di masa depan? “Beta Guru Sudah” adalah buku yang mengkisahkan perjalanan SGI dalam menangani siswa-siswa unik di daerah penempatan, selain itu terdapat juga kisah dari beberapa sosok inspirastif dalam dunia pendidikan.

TEMU GURU NASIONAL 2013

(Kegiatan guru model SGI angkatan ke-3 pasca penempatan di daerah pelosok Negeri)

Adapun Bentuk kegiatan berupa Talk Show dan Launching Buku “Beta Guru Sudah”. Adapun tema kegiatan tersebut adalah “Menjadi guru adalah tekad dan kebanggaan”. Kegiatan tersebut insyaallah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Kamis, 04 April 2013
Waktu : 09.00 s.d. 12.00 WIB
Tempat : Auditorium Adhiyana, Gedung Wisma ANTARA, Lt. 2. (Jalan Medan Merdeka Selatan No. 17, Jakarta Pusat.)

Moderator       : Jaka Lelana (Produser Sindo Trijaya FM)
Pembicara I     : Syaiful Hadi, S.TP. (Guru model SGI dan Penulis buku “Beta Guru Sudah”)
Pembicara II    : Elih Sutisna Yanto, M.Pd., MM. (Praktisi Pendidikan, Dosen UNSIKA)
Pembicara III   : Dedi Dwitagama (Educator, Trainer, dan Motivator Pendidikan)

PENDAFTARAN PESERTA

  • Formulir pendaftaran dapat di unduh disini !
  • Pendaftaran paling lambat pada tanggal 02 April 2013
  • Formulir dapat dikembalikan melalui Fax ke (0251) 8615016 atau email ke sgi@sekolahguruindonesia.net atau dikirim langsung ke Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa Jl. Raya Parung Bogor KM 42 Kel. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor 16310
  • Fotocopy formulir dibawa pada saat registrasi sebagai bukti ijin masuk gedung.
  • Pemberangkatan dari Bogor ke lokasi kegiatan, panitia menyediakan transportasi BUS hanya untuk 50 pendaftar pertama (ketentuan dan persyaratan berlaku).
  • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Nina Melinda (081 314 774 134)
  • Informasi dapat di lihat di website : www.sekolahguruindonesia.net
  • fasilitas yang didapat oleh peserta : Snack, makan siang,Buku “Beta Guru Sudah”, Pin SGI-DD
  • 50 pendatang pertama akan mendapatkan Goodybag

PENDAFTARAN ONLINE

  • Unduh formulir pendaftaran pada link yang tersedia.
  • Lengkapi formulir pendaftaran yang sudah di unduh.
  • Silahkan meluncur ke menu Pendaftaran Online, Isi biodata peserta pada kotak dialog dengan benar dan lengkap (Jika terjadi kesalahan atau tidak lengkap formulir tidak dapat di kirim).
  • Pada kotak upload form pendaftaran, lampirkan formulir yang sudah diunduh dan dilengkapi.
  • Jika semua proses sudah dilakukan klik OKE, Saya mendaftar, klik tombol RESET jika masih ada kesalahan dalam pendaftaran.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY