SGI Master Teacher Aceh Singkil Laksanakan Sidang PTK

54

Penelitian Tindakan Kelas sebagai ajang uji kompentensi guru dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di kelas. Melalui PTK diharapkan terjadinya perubahan, peningkatan, dan perubahan pembelajaran yang lebih baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu dasar cerminan guru pemimpin Sekolah Guru Indonesia yaitu guru harus gigih untuk meneliti, sehingga salah satu syarat kelulusan peserta SGI Master Teacher ialah sidang PTK.

Pelaksanaan sidang PTK SGI Master Teacher angkatan 30 Aceh Singkil dihadiri oleh 75 guru, dilaksanakan ditiga titik; Singkohor-Kuta Baharu dihadiri 18 orang, Gunung Meriah 29 orang, Singkil Utara-Singkil dihadiri 28 orang. Bimbingan PTK bagi peserta SGI Master Teacher sudah dimulai sejak bulan Juli- Oktober. Perkuliahan SGI disesi awal perkuliahan para peserta sudah dibekali dengan pengetahuan pencarian masalah yang ada di kelas yang bisa dijadikan PTK, latar belakang masalah, identifikasi masalah,dll.

Tatap muka perkuliahan SGI sebanyak lima kali dan setiap perkuliahan sudah dibahas BAB I- BAB V, hingga diakhir perkuliahan guru menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Dalam sidang para guru SGI menyampaikan hasil temuan dari inovasi pembelajaran yang dilakukan, setiap guru diberikan waktu untuk presentasi sebanyak 15 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh penguji. Hasil sidang selanjutnya akan direvisi kembali sesuai dengan masukan para penguji hingga pada akhirnya menjadi sebuah karya penelitian. Pelaksanaan sidang PTK diharapkan mampu melahirkan guru yang gigih untuk meneliti sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara khusus dan meningkatkan mutu pendidikan secara umum.

Guru di Aceh Singkil sedang melaksanakan Sidang PTK

Bagi guru yang belum sempat hadir dalam sidang nantinya akan ada sidang susulan sebelum dikukuhkan sebagai aktivis pada hari ahad 14 Oktober 2018. Konsekuensi bagi para guru yang tidak melaksanakan mekanisme yang telah ditetapkan SGI yaitu kehadiran 80%, pengerjaan tugas guru pendidik dan guru pengajar, serta sidang PTK maka tidak akan mendapatkan sertifikat dan ijajah dari Sekolah Guru Indonesia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, hal tersebut sudah disampaikan diawal perkuliahan.

Ervan Jaya, Trainer SGI 21 Penempatan Aceh Singkil

BAGIKAN

LEAVE A REPLY