Ruang Biru: Belajar daring Asyik dengan Google Classroom

109
Ruang Biru: Belajar Daring Asyik dengan Google Classroom

Selasa (28/7), Sekolah Guru Indonesia menggelar workshop Ruang Biru perdana dengan topik Belajar daring Asyik dengan Google Classroom. Ruang Biru (Ruang Bincang Guru) merupakan wadah berbagi ilmu dan pengalaman para aktivis Sekolah Guru Indonesia kepada seluruh guru di Indonesia secara daring.

Workshop perdana Ruang Biru langsung disambut oleh guru-guru pembelajar, lebih dari 150 guru terlibat untuk mengikuti pelatihan. Pemateri workshop Ruang Biru perdana menghadirkan guru Muhammad Ikhwan Ridhani, Aktivis SGI angkatan 27 program SGI Master Teacher, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan. Aktivis SGI yang kini mengajar di SDN 1 Barabai Timur aktif mengisi berbagai pelatihan keguruan, diantaranya yang baru-baru ini menjadi narasumber diklat google classroom LPMP Kalimantan Selatan 2020 dan menjadi Trainer Microsoft Education 2020. Selain itu guru Ikhwan juga aktif menjadi pendongeng di perpustakaan daerah.

Peserta Workshop Ruang BiRu (28/7) hadir melalui aplikasi Zoom

Pada permulaan workshop pemateri memaparkan terdapat beberapa Learning Manajemen System (LMS) yang ada di Indonesia, diantaranya Kelas Maya dari Rumah Belajar (aplikasi gratis milik pemerintah, namun beberapa sistemnya masih dalam tahap penyempurnaan sehingga belum begitu ramah/mudah bagi para pengguna), Microsoft Teams (aplikasi berbayar dari Microsoft), Ruang Kelas (aplikasi berbayar dari Ruang Guru), Google Casroom (aplikasi gratis dari google), bahkan whatsapp pun bisa menjadi alternatif ruang belajar online. Setiap guru tentunya perlu menyesuaikan LMS yang cocok untuk kelasnya.

Aplikasi Google Clasroom memiliki beberapa kelebihan diantaranya mudah dimengerti, smartphone android orangtua atau murid dapat langsung singkron ke aplikasi google classroom, dan bisa digunakan melalui laptop maupun smartphone. Pada rangkaian seminar yang di gelar melalui aplikasi zoom ini, guru Ikhwan mempraktikkan bagaimana penggunaan google classroom dalam pembelajaran, peserta begitu antusias menyimak dan aktif melontarkan pertanyaan pada sesi diskusi. Materi Ruang BiRu: Belajar daring Asyik dengan Google Classroom selengkapnya dapat anda tonton di link berikut:

BAGIKAN

LEAVE A REPLY