Rahasia Ubah Perilaku dengan Teknik NLP (Neuro Linguistic Program)

36

Manusia akan berubah sesuai dengan apa yang mereka pelajari dari mengenal diri sendiri ataupun lingkungan sekitar mereka. Neuro Linguistic Program adalah salah satu cara merekayasa perubahan perilaku dengan mengenali tahap perkembangan manusia, cara berkomunikasi yang tepat, dan memahami cara belajar otak. Seorang guru kerap menangani perilaku beragam dari peserta didiknya, ada yang positif ada juga yang negatif. Untuk dapat mempengaruhi agar perilaku positif lebih dominan pada diri peserta didiknya seorang guru perlu mempelajari teknik yang bisa digunakan untuk bisa mewujudkannya, salah satunya mempelajari NLP ini.
Ada beberapa hal yang perlu dipelajari untuk dapat melakukan perubahan perilaku dengan teknik NLP:
1. Mengenali tahap perkembangan psikososial manusia
Dengan mengenali tahap perkembangan psikososial manusia, seorang Guru akan lebih mudah mengenali diri, peserta didik, dan memberikan stimulus yang tepat. Berikut merupakan tahapan perkembangan manusia menurut Erick H Erickson:

2. Memahami kekuatan komunikasi
Cara berkomunikasi memegang peranan yang cukup vital dalam mempengaruhi perubahan perilaku seseorang. Albert Mehrabien mengatakan bahwa kekuatan komunikasi berada pada ekspresi 55%, intonasi 38%, dan kata 7%.
3. Memahami cara belajar otak
Seorang Guru bisa memahaminya dengan mengenali modalitas anak, yaitu visual, audio, atau kinestetik. Dengan mengenali akan lebih mudah untuk menentukan strategi yang tepat yang bisa diberikan ke anak unruk memaksimalkan hasil belajarnya.
Dengan mempelajari 3 hal tersebut, Seorang Guru akan lebih mudah untuk melakukan program perubahan perilaku yang tepat kepada peserta didiknya. (NRS/2020)

Ramadhan Guru Nusantara bersama Aslam Syah Muda

BAGIKAN

LEAVE A REPLY