Pemimpin Muda, Bukan Sekedar Kata

392

“Sikap terbaik adalah memberi teladan terbaik untuk partner kerja dan siswanya”

Pemimpin muda, satu hal yang pantas disematkan ke Kepala Sekolah di SMP Islam Al Amanah Salem, satu ini. Faatih Rijalul Haq, namanya. Berawal dari amanah, ia memegang teguh kepercayaan tersebut dan meneruskan jiwanya sebagai seorang pendidik dan seorang kepala sekolah. Bukan hal yang baru memang, ia pernah ditempatkan di Kampung Waan, Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua sebagai pengabdiannya untuk negeri.

Keterpanggilan hati untuk selalu beribadah dan mendidik, membuat Guru Faatih terus mengasah ilmu kepemimpinannya sebagai regenerasi dari putra Drs. Haji Karso, Ayahnya, seorang penggagas pendidikan di daerah ia berasal. Bagi Guru Faatih, seorang guru harus mengenali siapa dirinya. Seorang guru harus mengenali diri  terlebih dahulu sebelum ke hal pra pembelajaran. Tentang pribadi, apakah sebagai seorang guru  cukup berkompeten ketika di uji sedemikian rupa menjadi pendidik, pengajar dan pemimpin?. Juga tentang nominal, apakah seorang guru bisa merasa Qanaah tentang apa yang sudah di dapatkan.

Menjawab hal tersebut, ia memutuskan mendaftarkan diri  pada Program SGI Millennial Leader yang digagas Sekolah Guru Indonesia. Desain dari program SGI M Lead yang luar biasa mengolah dan menyiapkan kegiatan sedetail mungkin, dimulai dari tingkat dasar tentang itu Kepemimpinan, dilanjutkan dengan perkenalan Kehidupan Ekosistem Literat, dimunculkan lagi dengan teknik coaching supaya ada solusi dari setiap permasalahan. Membuat program ini terasa istimewa baginya.

Diantara problematika yang ada di sekolah ternyata ada formula yang sederaha tapi aplikasinya luar biasa yang ia temukan. Disadari atau tidak semua elemen punya topik permasalahan berbeda-beda, sehingga pembelajaran teknik RIACC pada pendampingan guru di Dompet Dhuafa sungguh bisadirasakan secara psikologis. Keadaan nyaman akan membawa atmosfer baik bagi para guru karyawan yang ada di sekolah dalam bekerja. Penanaman nilai dan karakter terhadap guru harus dimulai dari kepala sekolah sebagai teladan pertama, mustahil baiknya kepala sekolah tidak ditopang oleh kinerja guru dan karyawan.

Banyak hal yang ia pelajari dari program SGI M-Lead kali ini. Semangat untuk terus melanjutkan amanah dalam mendidik terpancar jelas dari Guru Faatih. Bukan soal usia, pemimpin terbaik dipandang dari keputusan yang mendengarkan dan memberikan solusi yang terus belajar meningkatkan ilmu dalam diri. Karena bagi Guru Faatih, sikap terbaik adalah memberi teladan terbaik untuk partner kerja dan siswanya. Guru Faatih mungkin salah satu pemimpin muda di negeri ini yang terus berbagi dan bergerak memajukan pendidikan. Untuk semua para pemimpin, teruslah berikan yang terbaik untuk negeri ini. Salam, Sekolah Guru Indonesia.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY