Optimalisasi Pendidikan dengan Sinergi Sekolah dan Orangtua Siswa SDN SKPD SP II Lentong Aceh Singkil

22

Tak bisa dipungkiri bahwa keterlibatan orangtua siswa atau masyarakat menjadi salah satu penunjang pengoptimalisasian pendidikan. Peran sekolah tak bisa dipisahkan dengan peran orangtua siwa untuk mendidik anak, di sekolah guru mendidik anak, di rumah peran orangtua untuk mendidik anak. Kedua faktor tersebut harus bersinergi. Ketidakpahaman orangtua akan pentingnya sinergi antara sekolah dan orangtua siswa masih kurang itu bisa dilihat dari peran orangtua yang hanya melimpahkan pendidikan sepenuhnya di sekolah. Salah satu langkah yang bisa ditempuh sekolah untuk membangun kesadaran orangtua dengan adanya seminar parenting.

Hal tersebut manjadi faktor pengadaan seminar parenting di SDN SKPD SP II Lentong dengan bekerjasama dengan Sekolah Guru Indonesia. Seminar pareanting yang diadakan hari Selasa, 4 September 2018 di SDN SKPD SP II Lentong yang dihadiri oleh 98 wali murid. Acara seminar parenting diisi oleh trainer Sekolah Guru Indonesia. Tujuan dari seminar ialah, terwujudnya sinergi pendidikan antara orangtua siswa dengan sekolah, dan orangtua bisa memahami potensi dan gaya belajar anak. Hal yang harus disinergikan; optimalisasi potensi anak, menangkal pengaruh negatif, dan pembiasaan karakter.

Diakhir sesi dipaparkan penggunaan buku penghubung yang dibuat oleh sekolah sebagai alat komunikasi dua arah, sekolah dan orangtua siswa. Buku penghubung yang harus dibawa oleh siswa setiap hari, dan guru menuliskan hal-hal yang perlu disampaikan kepada orangtua terkait dengan perkembangan anak didik.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY