Makmal Pendidikan Gelar Seminar Parenting

759

IMG-20160507-WA0001

SERANG – Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan SDN Bantarwaru di Jalan Raya Calung Kampung Dahu Desa Bantarwangi Kecamatan Cinangka menggelar Seminar Parenting dan Family Gathering. Kegiatan itu berlangsung penuh haru dan bahagia di ruang kelas yang tidak begitu besar. Sehingga tidak dapat menampung wali murid yang berdatangan. Sekitar 122 wali murid menghadiri seminar dalam rangka menyukseskan Program Optimalisasi Sekolah. Yang diusung oleh Makmal Pendidikan. Agar kegiatan semacam ini menjadi membudaya.

Endang Sudarma, Kepala Sekolah SDN Bantarwaru mengaku banyak kebermanfaatan yang dapat diambil dari kegiatan Seminar Parenting, Sabtu (7/5). Salah satunya yang dapat ia rasakan pada saat berlangsungnya kegiatan seminar selama dua jam. Ia merasa bahwa dirinya seperti mendapat suntikan dan energi baru. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. Agar tidak banyak ketinggalan dengan sekolah lain. Ia juga menyinggung tentang peran orangtua dalam mendidik anak.

“Mutu pendidikan yang baik adalah ketika ketiga unsur yakni rumah, sekolah dan masyarakat saling mendukung. Karena perubahan seorang anak tidak hanya terlihat pada saat mereka berada dalam ruang lingkup sekolah. Melainkan ketika mereka berada di lingkungan rumah dan masyarakat. Sehingga perlu adanya keterlibatan antara orangtua murid dan masyarakat. Karena ketiganya memiliki andil besar dalam mempengaruhi pendidikan anak-anak.” Kata Endang disela-sela penyampaian kegiatan ajaran tahun baru kepada wali murid.

Hadir pula perwakilan Unit Pelaksana Tehnik Dinas (UPTD) Kecamatan Cinangka yang menjabat sebagai pengawas. Kehadiran pengawas UPTD menambah kebahagiaan. Tidak hanya dirasakan oleh wali murid dan sekolah tetapi juga bagi Wasita sendiri. Ia mengaku begitu senang menghadiri kegiatan yang dibuat oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Dibantu oleh dua guru Konsultan Sekolah Guru Indonesia. Selain ia dapat bertatap muka dengan wali murid secara langsung. Ia juga dapat menikmati sajian manis penampilan anak-anak. Ia mengapresiasi kegiatan parenting tersebut lewat motivasi kepada wali murid. Motivasi akan nilai sebuah kejujuran. Yang mesti ditanamkan sejak dini oleh orangtuanya.

“Keberhasilan seorang anak adalah bukan terletak dari ia menjadi orang hebat. Tetapi, ketika mereka menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Agar dikehidupan mereka mendatang tidak hanya membanggakan gelarnya sementara gelar yang diperolehnya bukan dari hasil kejujurannya.” Ujar Wasita menutup sambutannya.

Siti Sahauni selaku pemateri seminar sekaligus guru konsultan Dompet Dhuafa mengatakan, tujuan yang hendak dicapai pada seminar ini adalah agar terwujudnya sinergi pendidikan antara orangtua siswa dengan sekolah dan memahami potensi juga gaya belajar anak. Karena menurut Siti Sahauni tingkat keberhasilan pendidikan pada anak bukan hanya bergantung pada sekolah. Namun adanya dukungan dari pihak lain yakni rumah dan masyarakat.

“Rumah adalah madrasah pertama anak. Sehingga pendidikan yang pertama kali diperoleh anak di rumah. Sehingga, kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan memberikan program yang kita namakan program parenting. Yang dalam kegiatannya akan diberikan penyuluhan atau sosialisasi pada tiap kelompok di tiap bulannya,” pungkasnya.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY