Kolaborasi Pendidikan, SGI Sinergi Bersama Dompet Dhuafa Banten

92

Sekolah Guru Indonesia bersama Dompet Dhuafa (DD) Banten membuka secara resmi Program Master Teacher untuk Guru-guru se-Kota Cilegon. Program ini merupakan pelatihan guru yang dilakukan secara intensif selama tiga bulan. Program ini dimulai dari awal Februari 2020 sampai dengan akhir 18 April 2020, menjelang puasa.

Habib Alwi Jamalulel selaku Guru sekaligus Trainer Master Teacher menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk membentuk karakter guru yang bukan hanya sebagai pengajar, namun juga sebagai pendidik dan pemimpin. Program yang merupakan kolaborasi antara Sekolah Guru Indonesia (SGI) dengan DD Banten ini menurut Alwi telah berhasil melahirkan guru yang terlatih di berbagai daerah di Indonesia.

“Program Master Teacher ini dirancang oleh Sekolah Guru Indonesia – Dompet Dhuafa dan telah melahirkan ribuan guru yang terlatih dari berbagai daerah di Indonesia. Alhamdulillah Dompet Dhuafa Banten bekerjasama dengan Sekolah Guru Indonesia membuka program Master Teacher di Kota Cilegon secara gratis dengan sasaran guru-guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Cilegon. Dompet Dhuafa Banten mendanai program Master Teacher 100% mulai dari seleksi peserta, Studium General, Military Super Camp, Perkuliahan, Ujian Sumatif, Sidang PTK, Kelas Guru Trainer dan Wisuda, semunya ditanggung oleh Dompet Dhuafa Banten,” tutur Habib Alwi.

Program Master Teacher dibuka melalui kegiatan Studium General yang dilaksanakan di Aula Kemenag Kota Cilegon. Dalam Kegiatan ini turut hadir Wali kota Cilegon yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Dr. H. Ismatullah M.Pd, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementrian Agama Kota Cilegon Dra. Hj. Titim Fatimah, Koordinator Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Cilegon, H. Suhardi dan Kepala Cabang Dompet Dhuafa Banten, Mokhlas Pidono. Dalam sambutannya perwakilan Walikota Cilegon mrngapresiasi program Program Master Taecher.

“Alhamdulillah setiap saya bergerak di bidang sosial, baik kebencanaan, santunan atau tentang kegiatan sosial pendidikan saya sering bertemu dengan Dompet Dhuafa, ya walaupun orangnya beda-beda tapi organisasinya sama. Dan sekarang saya bertemu kembali dengan Dompet Dhuafa dengan Program Master Teacher, Alhamdulillah saya senang ada organisasi yang mau bersama–sama memperbaiki pendidikan di Cilegon agar semakin maju,” kata Ismatullah sembari membuka Program Master Taecher.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Cilegon Dra. Hj. Titim Fatimah juga sangat mengapresisasi Program Master Teacher diadakan khusus untuk guru-guru Madrasah Ibtidaiyah. “Saya sebenernya seneng ada lembaga non pemerintah yang siap mendanai program pelatihan guru secara intensif selama 3 bulan tapi gratis 100% bahkan nanti sampai wisuda. Terima kasih Dompet Dhuafa semoga semakin berkah dan maju,” ujarnya.

Dalam kegiatan Stadium General Program Master Teacher, 35 guru-guru dari Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Cilegon yang lulus seleksi turut hadir mengikuti acara tersebut. Kegiatan ini sebagai langkah awal menuju rangkaian kegiatan selanjutnya sampai dengan Wisuda nanti. Ketua Dompet Dhuafa Banten, Mokhlas Pidono, selaku pemilik program memberikan apresiasi dan harapan kepada guru-guru yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Program Master Teacher merupakan salah satu program Sekolah Guru Indonesia selain program pembinaan dan penempatan guru di daerah 3T. Alhamdulillah pada tahun ini Dompet Dhuafa Banten ikut andil dalam perbaikan kualitas guru di Provinsi Banten melalui Program Master Teacher. Saya berharap semoga program ini berjalan lancar dan sukses. Dan semoga dengan adanya program ini, guru-guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Cilegon semakin semangat dan profesional dalam mengajar. Kelak anak-anak kita jadi generasi yang berilmu dan berakhlak mulya,” pungkasnya.

Copy right satubanten.com

BAGIKAN

LEAVE A REPLY