Kenakalan Remaja

288

Lagi – lagi korban tawuran terjadi di kalangan pelajar, sungguh miris mendengarnya. Yang seharusnya mengejar impian meraih masa depan , sekarang hanya cerita dan kenangan yang di dapat.

Kenakalan remaja kian hari kian meningkat, narkoba, seks bebas,mengeroyok guru dan video – video yang menanyangkan tawuran anak – anak SMP putri makin merajalela.

Jika melihat fakta budaya negative yang ada sekarang, siapa yang disalahkan ? keluarga,sekolah atau lingkungan masyarakat. Dari ketiga unsure tersebut seharusnya berfungsi ideal dan saling bersinergi.

Ketakwaan anak tergantung pada orangtua nya. Idealnya orangtua mengkondisikan anak untuk meningkatkan potensi spritualnya, yaitu dengan menjalankan seluruh perintah Tuhan dan menjauhi larangan Nya. Dapat anda bayangkan jika yang terjadi sebaliknya , seorang anak yang hidup dalam keluarga yang selalu memberikan pengalaman – pengalaman yang tak menyenangkan atau anak yang lemah,tidak percaya diri , dan cenderung tidak menghargai orang lain. Anak tersebut tidak ragu ragu lagi akan melakukan tindakan yang beresiko negative.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal belum mampu berfungsi secara kuat sebagaimana mestinya , tumbuhnya budaya sekolah yang tidak sesuai dengan syariah islam , maka hal itu dapat menjadikan pengaruh buruk terhadap pembentukan kepribadian anak didik. Padahal mungkin keluarga sudah menanamkan nilai – nilai yang baik.

Unsure yang ketiga adalah masyarakat, ditengah masyarakat sekarang ini berkembang sistem kehidupan sekuler liberal , sistem kehidupan yang justru bertentangan dengan islam.

Itu lah yang terjadi manakala ketiga unsure tersebut tidak berfungsi secara ideal dan tidak bersinergi. Solusi untuk pendidikan sifatnya harus menyeluruh dan integrative.

 


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2881 2881 26

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044