Road Show SGI: Bahas Tuntas Solusi Malpraktek Pendidikan Indonesia

560

Diskusi seru tentang malpraktek pendidikan di Indonesia terjadi dalam Talk show Pendidikan Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa (SGI DD). Mulai dari pengertian, penyebab, hingga solusi dibahas tuntas. Ya, talk show ini merupakan rangkaian pertama Road Show Open Recruitment SGI DD angkatan V. Bekerjasama dengan BEM FIS UNJ, acara ini menghadirkan 4 pembicara: Reza Indragiri (Pakar Psikologi Forensik Indonesia), Elih Sutisna (Praktisi Pendidikan), Asep Sapaat (Direktur SGI DD), dan Julyasman (Alumni SGI angkatan III dan FIS UNJ).

“Ancaman Malpraktek Pendidikan Indonesia, Menuju Pendidikan Berkarakter” dipilih sebagai tajuk karena keprihatinan akan banyaknya tindakan malpraktek pendidikan. Mulai dari mencontek, kecilnya gaji guru tidak tetap (GTT), UN berantakan, hingga muatan tidak pantas dalam buku pelajaran. Kerusakan tersistem ini membutuhkan evaluasi kebijakan tersendiri. Tetapi kesimpulan dalam talk show ini mengambil sisi yang berbeda. Kebijakan pemerintah tetap butuh dievaluasi dan diperbaiki, akan tetapi “menjadi sebuah solusi” jauh lebih bermakna untuk dilakukan. Contoh langsung, Praktisi Pendidikan Elih Sutisna yang berjuang sendirian agar tetap bisa menjadi guru dengan melepaskan kemapanan hidup. Saat ini beliau masih mengajar di SMK dengan gaji sepuluh ribu per hari tetapi tetap bisa S2 dan menjadi dosen.

Masuk kedalam barisan SGI untuk menjadi “Guru Model” dengan tugas 3 P (Pengajar, Pendidik, Pemimpin) juga menjadi alternatif pilihan. Dimulai pada pukul 09.00 WIB tadi pagi, film “SGI Bercerita” juga dinikmati oleh para peserta. Gambaran perjuangan guru model SGI mewujudkan kualitas pendidikan terlihat jelas melalui film ini. Salah satu bentuk terkecil yang dapat diri pribadi lakukan untuk menjadi solusi malpraktek pendidikan Indonesia.

Dalam sesi penutup, salah seorang peserta berujar: “Acara seperti ini bagus dan butuh terus diadakan”. Diskusi hangat membahas solusi malpraktek pendidikan Indonesia terjadi di Ruang Serba Guna FIS UNJ hari ini. Semoga semakin banyak mata yang terbuka dan segera mengambil posisi sebagai solusi permasalahan bangsa, sekecil apapun bentuknya. SGI akan terus terbuka dan memfasilitasi idealisme perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. “Bangga Jadi Guru, Guru Berkarakter, Menggenggam Indonesia!”

BAGIKAN

LEAVE A REPLY