Bincang Anak Indonesia, Peringatan Hari Anak Nasional 2020

95
Bincang Anak Indonesia, Peringatan Hari Anak Nasional

Peringatan Hari Anak Nasional 2020 diselenggarakan tepat pada hari Kamis, 23 Juli 2020. Pada tahun ini, tema yang diusung adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline #AnakIndonesiaGembiraDiRumah. Setelah tanggal 23 Juli 2020 Sekolah Guru Indonesia (SGI) memperingati Hari Anak Nasional 2020 bersama Dompet Dhuafa, disambung 24 Juli 2020 SGI menggagas acara Bincang Anak Indonesia yang di hadiri oleh lebih dari 100 siswa/siswi kelas 4-6 Sekolah Dasar yang berasal dari 22 provinsi. Acara ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus kesempatan bagi siswa/siswi SD kelas 4-6 untuk bertemu dan berjejaring bersama sebayanya dari berbagai provinsi yang berbeda. Lebih dari 100 siswa/I berpartisipasi dalam acara melalui media zoom yang di siarkan secara langsung melalui kanal youtube SGI.

Bincang Anak Indonesia menjadi momen berbagi pengalaman anak Indonesia utamanya pengalaman mereka belajar selama pembelajaran jarak jauh di rumah baik secara daring, luring, maupun kombinasi keduanya. Sebagian besar siswa yang mengikuti forum ini telah melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring, meskipun demikian, kendala sinyal dan ketersediaan kuota yang mereka miliki seringkali menghambat proses pembelajaran. Selain itu, anak anak mengungkapkan adanya rasa bosan belajar di rumah, mereka berharap pandemi virus corona segera berakhir sehingga sekolah kembali di buka.

Peserta Bincang Anak Nasional via Aplikasi Zoom

Sejujurnya anak-anak mengaku sangat rindu dengan ibu bapak guru dan teman-teman di sekolah, bahkan ada yang curhat seaidainya diperbolehkan ke sekolah, tak mengapa jika hanya boleh dua hari dalam seminggu. Mereka juga berharap agar pembelajaran jarak jauh bisa dibuat lebih menarik dan seru dan mendo’akan agar bapak ibu guru senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat.

Selain bincang-bincang seru, anak-anak peserta acara juga sangat aktif dan percaya diri, hal ini terlihat saat guru Ami selaku pemandu acara memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk membuka acara dengan membaca surat Alfatihan dan menutup acara dengan membaca doa, mereka begitu antusias mengajukan diri untuk menyambut kesempatan yang diberikan. Bermain adalah jiwa anak, anak gembira di rumah, Indonesia maju, guru-guru pengelola SGI pusat juga ikut memeriahkan acara yang membahagiakan anak-anak dengan menampilkan ice breaking oleh guru Yuni, dancing oleh guru Imo, dan juga mendongeng oleh guru Asep. Sebagaimana tema Hari Anak Nasional tahun ini, Sekolah Guru Indonesia berupaya untuk terus berkontribusi agar anak Indonesia gembira belajar di rumah dan Indonesia bisa maju.

Yuni Nur’afiah

Pengelola Sekolah Guru Indonesia

Ucapan Selamat Hari Anak Nasional dari peserta Bincang Anak Indonesia
BAGIKAN

LEAVE A REPLY