Balai Inggris Singkohor, Program Pemberdayaan SGI di Aceh Singkil

49

Bahasa Inggris menjadi salah satu hal penting yang harus dikuasai untuk mampu mengikuti perkembangan zaman yang begitu pesat, maka memperkenalkan pembelajaran bahasa inggris pada siswa-siswi sekolah dasar menjadi sebuah kebutuhan. Di sebagian wilayah kita akan menemukan banyak siswa-siswi tingkat dasar yang sudah familiar dengan pembelajaran bahasa inggris, bahkan lembaga-lembaga kursus menjadi wadah yang diburu untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Namun, dibeberapa wilayah hal ini belum terfasilitasi dengan baik. Oleh karena itu, sekolah Guru Indonesia mengadakan kegiatan Balai Inggris Singkohor.

Balai inggris adalah kegiatan belajar bahasa inggris menyenangkan yang juga merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis sekolah yang diinisiasi oleh trainer Sekolah Guru Indonesia  dengan mengajak masyarakat Singkohor Kab. Aceh Singkil berkontribusi aktif didalamya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jumat mulai Juli sampai Oktober 2018 di Balai MIS Dinul Islam. Setiap minggunya, sekitar 30-40 siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 dari berbagai SD/MI di desa Singkohor mengikuti kegiatan dengan baik.

Beragam kegiatan pembelajaran bahasa inggris dirancang sedemikian menyenangkan untuk meningkatkan antusias dan keterampilan berbahasa inggris peserta. Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan tiap pertemuannya meliputi memorizing vocabularies, snake & ladder game, Self- Introduction, Math balls game, pengenalan abjad & angka dalam bahasa inggris dan juga menonton film animasi berbahasa inggris.

Mike Ambrianti,kepala sekolah MIS Dinul Islam, yang mendukung pelaksanaan Balai Inggris Singkohor mengharapkan agar program ini bisa berlanjut dengan memaksimalkan potensi  guru bahasa inggris di desa Singkohor yang siap berkontribusi pada kegiatan selanjutnya. Karena kegiatan Balai inggris yang sudah terlaksana banyak memberikan manfaat dalam meningkatkan minat dan kemampuan berbahasa ingris anak-anak. Kegiatan ini juga sebagai bekal siswa-siswi dalam pembelajaran bahasa inggris di jenjang sekolah selanjutnya.

 

 

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY