Alur Proses SGI

alursgi Dalam proses melahirkan Guru Transformatif, dibutuhkan input SDM unggul yang memiliki passion dan visi memajukan pendidikan Indonesia serta semangat pengabdian yang menggelora. Karena itulah, dalam merekrut guru, SGI menetapkan beberapa tahapan yang harus dilewati dengan baik oleh calon mahasiswa SGI, yakni Seleksi Administrasi, Focus Group Discussion (FGD), dan Interview.

Sekolah Guru Indonesia memberikan kesempatan bagi para pemuda Indonesia lulusan S1 semua jurusan, belum menikah dan bersedia menunda menikah selama program berlangsung, usia dibawah 25 tahun untuk menjadi bagian dari Guru Transformatif SGI. Pendaftaran akan dibuka setiap bulan Mei (semester I) dan bulan November (semester II).

Pembinaan selama 4,5 bulan akan dilaksanakan di Bumi Pengembangan Insani – Bogor Jawa Barat. Pembinaan dilakukan secara intensif selama 24 jam dengan materi komprehensif, mulai orientasi, perkuliahan (Profesional, Sosial, Pedagogik dan Kepribadian), training, military super camp, pemberdayaan masyarakat, pendampingan mengajar di sekolah mitra, SGI Help and Care (SHARE), maupun kegiatan keasramaan seperti tahfidz, buka puasa bersama, aktivitas Keluarga Mahasiswa (KM) SGI, dll. diharapakan dengan aktivitas tersebut dapat menyiapkan Guru yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik dan berjiwa kepemimpinan sosial.

Setelah selesai penempatan (1 tahun), Guru SGI akan menjalani serangkaian Temu Guru Nasional, yaitu acara yang dirancang untuk mempertemukan kembali mahasiswa SGI setelah selesai masa pengabdian di sekolah penempatan.  Bentuk acaranya berupa evaluasi program, sharing, pertemuan alumni, job fair, wisuda dan workshop  beasiswa bagi guru SGI yang ingin melanjutkan pendidikan.